Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Atasi Masuk Angin Secara Alami

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini, karena hamper semua orang pernah merasakan nya baik itu orang dewasa maupun anak anak. Ketika musim hujan tiba seperti saat ini tubuh sangat rentan untuk terkena masuk angin, apalagi yang bepergian menggunakan kendaraan bermotor. Gejala awal saat mengalami masuk angin biasanya perut kembung, kepala pusing dan mudah merasa lelah. Kebiasaan kita saat mengalami masuk angin biasanya melakukan kerokan padahal kerokan itu tidak baik karena mengakibatkan pori pori terbuka dan menjadi mudah untuk masuk angin kembali. Jika kamu masuk angin cobalah untuk tidak di kerok dan gunakan bahan alami yang tentunya lebih sehat. Berikut obat alami cocok untuk masuk angin.

1. Jahe



Jahe merupakan tanaman yang banyak sekali manfaatnya. Jika sedang masuk angin cobalah untuk minum ramuan dari jahe ini karena jahe memiliki sifat menghangatkan. Kehangatan yang diberikan oleh jahe mampu mengurangi rasa kambung dan mual. Oleh karena itu masuk angin di badan kamu perlahan akan hilang.

2. Makanan Pedas



Seorang pecinta masakan pedas dan sedang masuk angin sangat cocok sekali. Di dalam makanan pedas tersebut pasti ada bumbu yang bernama cabai dan bawang putih dengan kombinasi tersebut membuat badan terasa hangat dan pastinya menghilangkan masuk angin.

3. Minyak Kayu Putih

Kayu putih merupakan jenis minyak yang tercipta dari ranting atau daun suatu tumbuhan yang bernama ilmiah Malaleuca leucadendron. Minyak yang satu ini sejak lama di percaya dapat digunakan sebagai obat, bukan diminum ya melainkan di lulurkan ke anggota tubuh yang sakit. Minyak kayu putih memiliki sifat menghangatkan, oleh sebab itu bagi kamu yang masuk angin cobalah lulurkan minyak kayu putih ke badan kamu, maka dalam jangka yang singkat masuk angin akan hilang.

Baca Juga:



4. Madu dan Lemon

Madu dan lemon memang di percaya oleh semua orang untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti masuk angin. Madu dan lemon merupakan obat alami yang sangat rekomendasi bagi seorang yang masuk angin namaun tidak di anjurkan bagi anak kecil.

5. Teh Hijau



Obat masuk angin yang satu ini merupakan cara yang sangat mudah dan cocok bagi kamu yang ngekos sendirian. The hijau memiliki sifat antioksidan yang tinggi serta mampu melawan radikal bebas. Oleh sebab itu the hijau sangat baik utuk masuk angin. Dengan catatan the hijau nya bebas dari kafein dan polifenol, karena biasanya lebih ampuh.

6. Istirahat



Jika kamu sudah mencoba semua obat tanpa di lengkapi dengan istirahat, maka semua yang kamu lakukan akan sia sia. Dengan istirahat yang cukup tubuh kamu akan mejadi segar di ke esokan hari, sehingga kamu bisa menjalankan aktivitas dengan baik karena telah sembuh dari masuk angin.

Itulah obat alami yang bisa menyembuhkan kamu dari masuk angin. Periksa selalu bahan yang kamu gunakan agar terhindar dari bahan yang telah kadaluarsa atau tidak layak pakai. Jika dalam jangka waktu 3 hari masuk angin tak kunjung pulih segeralah untuk datang ke dokter, agar mendapatkan perawatan yang sempurna.